Selasa, 29 Mei 2012

Kayu Balsa, Material Kayu Yang Unik

Balsa merupakan material kayu yang cukup sulit ditemui, sebagian besar orang di jawa menyebut kayu ini dengan nama kayu jati londo. Tidak seperti kayu jati yang memiliki tingkat kekuatan tinggi, kayu balsa merupakan kayu yang sangat ringan. Meskipun demikian, harga jual kayu balsa sangat tinggi, selain karena ketersediaannya yang cukup langka juga karena potensi kegunaan dari kayu balsa ini. Dalam artikel ini, penulis akan menjelaskan tentang material kayu balsa, yaitu mengenai asal mula kayu balsa, karakteristik kayu balsa beserta dengan keunikan kayu ini di banding kayu yang lain dan potensi manfaat kayu balsa. Penulis melakukan penyusunan artikel ini dengan melakukan study pustaka terlebih dahulu, selain itu penulis juga pernah kontak langsung dengan kayu balsa, yakni membuat pesawat model berbahan kayu balsa. Dengan penyusunan artikel ini, penulis berharap pembaca dapat memahami karakteristik kayu balsa serta dapat memperoleh manfaat dari fakta potensi yang dimiliki kayu balsa.
Asal kayu Balsa
Nama ilmiah untuk kayu balsa adalah lagopus ochroma. Balsa termasuk dalam family bamboacea. Pohon kayu balsa berasal dari Costarica, Amerika Latin. Pohon ini tumbuh secara alami di hutan hujan lembab Amerika Tengah dan Selatan. Kisaran alamnya meluas ke selatan dari Guatemala, melalui Amerika Tengah, hingga di sebelah utara dan pantai barat Amerika Selatan sejauh Bolivia. Namun, negara kecil Ecquador di pantai barat Amerika Selatan, adalah sumber utama Balsa kelas dunia. Balsa membutuhkan iklim yang hangat dengan banyak curah hujan dan drainase yang baik untuk tumbuh subur. Kayu balsa mulai masuk ke Indonesia sekitar abad ke 18. Sekarang ini, pohonnya dapat dijumpai di berbagai tempat di Tanah Air, antara lain di Jember, Ciamis, Tasikmalaya, Cilacap, Bogor, Bali, Gorontalo, Palu, Papua, dan Kalimantan Tengah.
Balsa berkembang biak dengan biji, yang akhirnya membuka diri dan, dengan bantuan angin akan  berpencar ribuan bibit baru di wilayah yang besar. Benih akhirnya jatuh ke tanah dan ditutupi oleh daun-daunan hutan. Dengan mekanisme reproduksi semacam ini, memungkinkan pohon Balsa tumbuh dengan sangat pesat (seperti semua rumput liar ). Enam bulan setelah perkecambahan, pertumbuhan tinggi pohon adalah sekitar 1-1/2 inci dan diameter 10 - 12 meter. Dalam 6 sampai 10 tahun pohon siap untuk dipotong.
Karakteristik kayu balsa
 Kayu balsa memiliki sifat yang ringan dan lentur , kayu jenis ini mempunyai berat jenis 0,29 kg, dan tidak gampang lapuk, disamping itu struktur  kayu balsa memiliki tingkat  kekuatan dan ketahanan yang tinggi. Perlu di cermati bahwa kayu Balsa bukan kayu yang paling ringan . Namun, kayu balsa dianggap sebagai  kayu terkuat menurut beratnya. Ada jenis kayu yang lebih ringan dari kayu Balsa, tetapi tidak memiliki kekuatan seperti Balsa. Keunikan lainnya yaitu Balsa juga mampu menyerap goncangan dan getaran dengan baik dan dapat dengan mudah dipotong, dibentuk, dan ditempel dengan perkakas tangan sederhana.
Rahasia untuk keringanan kayu balsa hanya dapat dilihat dengan mikroskop. Kayu Balsa terstruktur oleh sel-sel yang besar dan berdinding sangat tipis, sehingga rasio padatan untuk membuka ruang yang sekecil mungkin hanya sekitar 40% dari volume sepotong balsa zat padat. Kayu Balsa menjadi begitu ringan karena memiliki sel besar dengan dinding sel yang sangat tipis diisi dengan air saat pohon itu hidup. Sehingga ketika pohon yang dipanen dan kering, air di dalam sel menguap, sehingga meninggalkan ruang yang sebagian besar terbuka, yang membuat berat kayu kurang.
Untuk memperoleh batang kayu balsa dengan kualitas yang bagus, yaitu kayu yang empuk dan ringan, sebaiknya menanam biji kayu balsa di daerah lembab atau dekat air.Sebaliknya, jika kayu balsa ditanam di tanah yang keras dan kering, kayu pun akan keras. Hal ini terpengaruh oleh intensitas air yang dapat diserap.  Cara penanaman balsa yang baik yaitu dengan jarak 4-5 meter antara pohon satu dengan pohon lainnya. Kayu yang pas akan didapat setelah pohon berusia 4-5 tahun.
Manfaat kayu balsa
 Kayu Balsa adalah kayu unik dari semua jenis kayu lainnya. Sifatnya yang ringan dan lentur menjadikan kayu ini sangat efisien dalam segi berat dan kekuatan sehingga membuatnya berharga untuk pembangun miniatur jembatan, pemahat kayu, peselancar, pesawat model, dan banyak lainnya. Pada dasarnya kayu balsa telah menjadi bahan baku untuk konstruksi model pesawat (aeromodelling).
Pecinta aeromodeling pasti mengenal kayu balsa sebagai bahan untuk membuat pesawat model. Kayu balsa  dengan sifat yang lentur, dan tidak gampang lapuk, serta tahan terhadap goncangan dan getaran menjadikannya sangat cocok sebagai bahan pesawat model. Untuk membuat pesawat model dengan bahan Balsa sheet dan Balsa Stick hanya memerlukan pisau cutter, kertas Amplas, dan penggaris besi. Itu saja sudah cukup.
Sebetulnya banyak jenis kayu yang dapat pula dipakai sebagai bahan pesawat aero model, seperti kayu agatis, sengon, dan randu. Namun, kayu balsa tetap menjadi pilihan terbaik sampai sekarang, lantaran ringan dan lentur. Karena sifatnya itu, kayu balsa pun bisa digunakan untuk keperluan lain, misalnya, dibuat sebagai pelampung kapal, rakit, perahu, kerajinan tangan, atau bahan bangunan, seperti usuk, reng, dan maket bangunan.
Karakter ringan dan lentur menjadikan kayu balsa mudah dibentuk menjadi pesawat model, dengan memperhitungkan ukuran tiap sisi, akan dihasilkan kesetimbangan yang menjadikan pesawat bisa terbang cukup lama diudara.
Biasanya, batang pohon kayu balsa dipotong dengan ukuran 110 cm, dan setelah diolah menjadi lembaran siap dipakai, rata-rata panjangnya 91 cm. Sementara tebalnya bervariasi, mulai dari 1 mm sampai 10 mm. Ddmikian lebarnya, ada yang 2,5 cm, 5 cm, 7,5 cm, dan 10 cm. Dari satu kubik batang kayu balsa, setelah dipotong-potong dan diolah, bahan yang ideal untuk pesawat model hanya sekitar sepertiga bagiannya atau 30 persennya.
Selain digunakan untuk membuat pesawat model, balsa juga digunakan untuk membuat maket jembatan, bangunan, ataupun kapaal. Harga dari berbagai macam bentuk miniatur berbahan dasar kayu balsa sangat mahal, mengingat ketersediaannya yang terbatas di pasaran, juga kualitas kayu balsa merupakan kualitas yang unik, yakni ringan namun kuat dan tidak mudah lapuk.
Kesimpulan
          Balsa merupakan kayu yang berasal dari costarica, di indonesia kini balsa sudah dapat dijumpai di beberapa daerah di indonesia seperti di Jember, Ciamis, Tasikmalaya, Cilacap, Bogor, Bali, Gorontalo, Palu, Papua, dan Kalimantan Tengah.. Balsa memiliki sifat ringan dan lentur namun memiliki kekuatan tinggi, terutama dalam menyerap goncangan dan getaran. Kayu balsa berkualitas adalah kayu balsa yang empuk dan ringan, kayu yang seperti ini akan jadi sangat mudah dibentuk tanpa merusak kualiatas kekuatannya. Dengan karakter unik semacam ini, kayu balsa sangat diminati sebagai bahan utama berbagai macam bentuk maket, seperti bangunan, kapal, jembatan,dan sebagainya. Para pecinta aero modeliing adalah tentunya sangat mengenal kayu balsa, sebab balsa adalah bahan utama pembuatan berbagai macam pesawat model. Meskipun harga potongan kayu balsa sangat mahal, namun kualitas terbang pesawat model balsa sangat bagus, juga tidak gampang lapuk jika digunakan untuk membuat maket bentuk lainya. Dengan melihat kondisi seperti ini, akan sangat baik jika kita memperluas area penanaman pohon balsa, sehingga hal ini dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

10 komentar:

  1. Kepada rekanan pemenang tender yang ingin membutuhkan barang-barang kebutuhan DAK BKKBN 2012|DAK BKKBD 2012, SPESIFIKASI SESUAI DENGAN JUKNIS NOMOR : 272/PER/B1/ 2011, CV.PRIAMANAYA GEMILANG siap mensupplai & menyediakan:
    1. KIE KIT BKKBN 2012
    2. IMPLANT KIT BKKBN 2012
    3. IUD KIT NON LISTRIK BKKBN 2012
    4. IUD KIT STERILSATOR LISTRIK BKKBN 2012
    5. SARANA PLKB BKKBN 2012
    6. NOTEBOOK BKKBN 2012
    7. PUBLIC ADDRESS BKKBN 2012
    8. ATTG
    9. OBGYN BED/MEJA OBSTERIC GYNECOLOGI BKKBN 2012
    10. APE KIT 2012
    11. BKB KIT + APE KIT BKKBN 2012
    12. Buku BKB Penyuluhan BKKBN 2012
    13. Sarana PLKB BKKBN 2012
    14. Notebook
    15. Pc Komputer BKKBN 2012
    16. LABORATORIUM BAHASA SMP
    17. ALKES
    Pemesanan Hub :
    CV.PRIAMANAYA GEMILANG
    DISTRIBUTOR ALAT LAB & PERAGA PENDIDIKAN
    Alamat: BlagBlingan RT 01/VI Laweyan Surakarta
    Hp:081 326 750 234
    http://www.priamanaya-gemilang.co.id
    priacoid@yahoo.co.id
    yahoo ID:priacoid

    BalasHapus
  2. makasih bnyak y gan infonya.. =D

    BalasHapus
  3. Mohon ijin mau tanya , klo mau mendapatkan / membeli bibit pohon kayu Balsa dimana bisa Saya peroleh.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh... mohon ma'af... kalo ttg jual beli balsa dmna sya kurang tau... heheeheh
      mungkin pembaca ada yang tau bisa share infonya...
      makasih... :)

      Hapus
    2. Gratis saja gan klo bibit balsa disini.
      Gerakan Indonesia Menanam balsa.
      Program kemitraan..
      sibalsa.com - contact us

      Hapus
  4. bisa japri ke saya klo ingin bibit balsanya di:
    alend1313@yahoo.com / 081249535453

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk info produk, bisa visit us http://sibalsa.com/index.php/en/product-list.html.
      ditunggu terimakasih..

      Hapus
  5. Wah.. Prospek juga ya tanaman balsa..

    BalasHapus
  6. Wah.. Prospek juga ya tanaman balsa..

    BalasHapus
  7. Kl di ciamis daerah mana ya yg ada balsa nya...

    BalasHapus